Mas Subhan Mas Subhan adalah pemilik perusahaan Godspeed Production. Mas Subhan juga seorang konten kreator dan desainer grafis. Dan aktif dalam beberapa Kegiatan Sosial dan Gerakan Pramuka di Indonesia.

Bahan Kaos : Bahan Kaos Yang Bagus Dan Terbaik di Indonesia

3 min read

Bahan Kaos

Survey membuktikan, masih banyak orang di Indonesia yang belum tau tentang bahan kaos. Dan masih banyak orang yang bertanya kepada saya, Apa sih jenis bahan kaos yang bagus dan terbaik untuk produksi kaos?

Sama seperti anda yang saat ini sedang membaca panduan saya ini, tapi tenang anda tidak sendirian, banyak orang seperti anda yang masih menanyakan hal yang sama tersebut. Jika anda tidak percaya, saya akan membuktikan hal tersebut berdasarkan riset kata kunci yang saya lakukan.

Di tahun 2020 ini saya melakukan riset kata kunci tentang “bahan kaos”, ternyata masih banyak sekali orang di Indonesia yang bingung soal jenis bahan yang bagus dan tersedia di vendor produksi kaos. Sebanyak 2400 orang tiap bulannya mencari kata kunci tersebut untuk belajar/mengenal tentang jenis bahan yang digunakan untuk produksi kaos.

Bahkan dari 2400 orang tersebut rata-rata berusia 18-24 tahun, jumlah pencarian ini relatif stabil setiap bulannya, bahkan selama tahun 2019 hingga 2020 ini justru semakin meningkat. Grafik berikut ini menunjukan peningkatan jumlah pencarian keyword “bahan kaos” di Indonesia.

Bahan Kaos

Nah karena beberapa hal tersebut saya memutuskan untuk membuat panduan ini dalam rangka membantu anda mengenalkan jenis bahan yang bagus untuk produksi kaos anda. Dalam seri panduan kali ini anda akan mempelajari tentang kain kaos oblong, hingga kain kaos polo.

Mengenal jenis kaos yang sering diproduksi di Indonesia.

Sebelum beranjak ke bahan kaos, materi pertama kali ini saya akan mengenalkan perbedaan jenis kaos terlebih dahulu karena ini merupakan dasar dalam menentukan jenis kain yang akan digunakan.

Menurut Wikipedia, kaos oblong atau disebut juga sebagai T-shirt adalah jenis pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Kaos oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Pada umumnya, kaos oblong berlengan pendek (melewati bahu hingga sepanjang siku) dan berleher bundar.

Berbeda dengan kaos polo yang memiliki krah dan biasanya berlengan pendek, selain itu polo shirt juga memiliki garis leher yang disertai 2 atau 3 kancing dan saku sebagai opsional.

Dari perbedaan 2 jenis kaos itulah kenapa ketika anda akan memesan kaos di konveksi kaos hal pertama yang akan ditanyakan oleh vendor produksi adalah desainnya, karena dari desain inilah vendor akan memberikan informasi tentang bahan kaos berdasarkan apa yang anda butuhkan.

Misalnya anda ingin bikin kaos oblong untuk komunitas, tentu anda akan mengirimkan desain kaos oblong yang bergambar tentang komunitas anda kan, dari sini pihak vendor akan memberikan informasi bahan apa yang cocok untuk kaos komunitas anda.

Rekomendasi bahan kaos yang bagus dan terbaik

Bahan Kaos
source : knitto

Dipasaran banyak sekali jenis kain untuk produksi kaos, seperti bahan pe, spandek, cotton carded, cotton combed dan masih banyak lagi. Jadi apa jenis kain untuk produksi kaos yang terbaik di Indonesia?

Berdasarkan trend masyarakat Indonesia urutan pertama jenis kain yang banyak di gunakan adalah cotton combed, karena jenis kain ini sangat cocok digunakan di Negara tropis seperti tempat kita. Cotton combed terbuat dari 100% cotton sehingga kain ini adem, tentunya menyerap keringat dan sangat nyaman ketika dikenakan dalam kegiatan sehari-hari.

Bahan cotton combed sendiri ada beberapa macam mulai dari combed 20’s, 24’s, 30’s hingga 40’s. Lalu mana yang terbaik? Kami sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan combed 24’s atau 30’s karena jenis inilah yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Jika anda ingin lebih jelas tentang cotton combed, silahkan pelajari artikel kami tentang Mengenal Bahan Kaos Cotton Combed 20’s, 24’s, 30’s, dan 40’s.

Diurutan kedua, ada jenis bahan cotton carded. Kain ini juga terbuat dari 100% cotton jadi tidak kalah nyaman dengan cotton combed, perbedaannya terletak pada harga dan handfeel kainnya.

Secara harga cotton carded lebih murah dibanding dengan cotton combed, hal ini karena cotton carded tidak melalui proses penggarukan sehingga bulunya lebih banyak dibanding cotton combed.

Selain kedua kain diatas, sebenarnya masih ada lagi jenis kain cotton yang berkualitas premium, untuk segi kenyamanan jenis kain ini lebih bagus dibanding cotton combed, tapi kain ini cukup langka sehingga harganya lebih tinggi.

Kain premium tersebut yaitu cotton supima / US Pima, Cotton Bamboo, Hingga Cotton Modal. Bahkan dari kain premium tersebut ada yang memiliki keunggulan anti bakteri sehingga cocok untuk kulit sensitif dan cocok untuk kaos anak.

Untuk mempelajari tentang bahan cotton tersebut anda bisa mempelajari artikel kami tentang Perbandingan dan Tingkatan Bahan Cotton untuk Kaos.

Bahan kaos polo yang cocok untuk dipilih sebagai bahan baku polo shirt

Bahan Kaos
source : knitto

Ada 2 jenis kain yang sering digunakan untuk produksi kaos polo yaitu bahan lacoste dan pique. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari knitto selaku toko dan pabrik kain. Kain Lacoste dan Pique mempunyai kegunaan yang sama untuk membuat kaos Wangki atau Polo-shirt.

Akan tetapi terdapat perbedaan pada struktur rajutan benangnya. Rajutan pada Lacoste membentuk segi 4 sedangkan kain Pique membentuk segi 6. Sekilas sulit untuk membedakan kedua kain ini, namun terlihat jelas perbedaannya jika menggunakan kaca pembesar.

Namun berdasarkan survey permintaan pasar, bahan kaos polo yang sering digunakan di Indonesia dan yang saya rekomendasikan adalah kain pique. Kain pique pun memiliki 2 jenis yang bisa anda pilih yaitu CVC Pique Hexagon yang mana dibuat dari bahan campuran Cotton dan Polyester, dan satu lagi adalah Combed Pique Diamond yang merupakan jenis premium dari bahan kaos polo karena bahannya dibuat dari 100% serat Combed.

Lalu jenis kain apa yang digunakan di konveksi saya?

Pertama, Pique Diamond 30’s, biasanya kebanyakan orang yang mencari bahan kaos polo dengan kualitas yang lebih bagus dari bahan pique biasa dan berbahan dasar katun. Combed Pique Diamond dibuat dari 100% serat Combed dengan kualitas yang sangat baik dan permukaannya yang halus.

Bentuk corak rajutan dari bahan pique ini berbentuk segiempat atau berlian. Tekstur dari kain untuk kaos berkerah ini lembut, halus dan adem saat digunakan, bahan ini sangat cocok digunakan untuk membuat kaos polo dengan kualitas premiumnya.

Kedua, CVC Pique Hexagon 24’s. Saya juga merekomendasikan bahan ini untuk Anda gunakan terutama jika Anda mencari bahan pique yang harganya lebih terjangkau.

Mas Subhan Mas Subhan adalah pemilik perusahaan Godspeed Production. Mas Subhan juga seorang konten kreator dan desainer grafis. Dan aktif dalam beberapa Kegiatan Sosial dan Gerakan Pramuka di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *