Mas Subhan Mas Subhan adalah pemilik perusahaan Godspeed Production. Mas Subhan juga seorang konten kreator dan desainer grafis. Dan aktif dalam beberapa Kegiatan Sosial dan Gerakan Pramuka di Indonesia.

Cotton Combed : Mengenal Bahan Cotton Combed 20s, 24s, 30s, 40s

2 min read

Cotton Combed

Cotton combed merupakan bahan kaos favorit masyarakat Indonesia, hal itu tak terlepas karena bahan kaos cotton combed memiliki kelebihan yang cocok untuk digunakan di daerah tropis seperti Indonesia.

Dari segi harga yang terbilang tidak terlalu mahal ini membuat cotton combed menjadi idola di Indonesia. Selain dari segi harga, bahan ini juga memiliki keunggulan adem ketika dikenakan dan menyerap keringat karena terbuat dari 100% cotton sehingga sangat nyaman.

Pada proses pembuatannya, Katun Combed melalui proses yang panjang. Serat kain Katun Combed diproses secara khusus sebelum diputar di mesin pemintal. Salah satu proses yang paling terkenal adalah carding, yaitu penyisihan kain dari benang kasar.

Setelahnya, bahan kain ini diseleksi lagi dengan proses combing, yaitu seleksi dari bulu-bulu sisa. Itulah mengapa disebut combed, karena bahan katun ini telah melewati tahap combing.

Terlepas dari kelebihan bahan katun combed, ternyata bahan ini memiliki beberapa macam : mulai dari combed 20s, combed 24s, combed 30s hingga combed 40s. Apa yang membedakannya?

Dalam artikel kali ini saya akan mengupas tuntas hal tersebut agar anda tahu bahan yang mana yang perlu dipilih sebelum produksi di konveksi kaos.

Cotton Combed
source : knitto

Arti angka dan huruf dibelakang cotton combed?

Bahan kaos Katun Combed diproduksi dengan ketebalan dan rajutan yang bervariasi. Ketebalan tersebut diproduksi sesuai dengan selera pasar yang bermacam-macam. Untuk membedakan ketebalannya, diberilah angka sebagai simbol mewakili ketebalan masing-masing.

Saat ini bahan kain katun yang beredar di pasaran ada 4 jenis: 20, 24, 30 dan 40. Angka tersebut menunjukkan tipe kerapatan benang yang digunakan pada proses perajutan menjadi bahan kain. Semakin kecil angkanya, semakin tebal bahan dan rajutan sebuah kain katun. Begitu pula sebaliknya. Semakin besar angkanya, semakin tipis ketebalan bahannya.

Sedangkan huruf ‘s’ menunjukan jenis rajutan yang artinya single knitt. Berdasarkan karekternya, Jenis rajutan ‘s’ tergolong renggang dan mulur. Sebagian besar bahan kaos katun yang beredar di pasaran menggunakan tipe rajutan jarum tunggal ini.

Lalu apa saja perbedaan cotton combed tersebut? Silahkan lanjutkan materi ini.

Perbedaan cotton combed 20s, 24s, 30s, dan 40s

Bahan Kaos Combed 20s
Bahan kain Katun Combed 20s memiliki gramasi bahan kaos antara 180 – 220 gr/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt. Bahan ini cukup popular untuk produksi kaos grup misalnya seperti kaos ronda, kaos arisan, hingga kaos untuk kegiatan seperti pramuka dan sebagainya.

Bahan Kaos Combed 24s
Untuk bahan Combed 24 dengan rajutan ‘s’, biasa gramasi bahan kaos yang digunakan berkisar antara 170 – 210 gr/m2. Bahan ini cocok untuk produksi kaos kelas, kaos event, kaos komunitas, hingga tak jarang digunakan untuk kaos distro atau brand clothing.

Bahan Kaos Combed 30s
Bahan Combed 30s menggunakan gramasi yang berkisar antara 140 – 160 gr/m2 dengan untuk jenis rajutan Single Knitt. Bahan ini cukup popular di kalangan anak muda, biasanya bahan ini dipilih untuk produksi kaos komunitas dan brand clothing.

Tapi tidak menutup kemungkinan untuk digunakan produksi kaos kelas, kaos event dan yang lainnya yang menginginkan kualitas standar distro atau brand clothing.

Bahan Kaos Combed 40s
Bahan ini merupakan bahan paling tipis di antara Katun Combed yang lain. Biasa produksi gramasi antara 110 – 120 gr/m2 dengan jenis rajutan Single Knitt. Bahan ini biasanya di produksi untuk kaos brand clothing.

Nah itulah perbedaan mendasar dari bahan kaos combed, lalu mana yang paling rekomended buat anda pilih sebagai bahan baku produksi kaos?

Cotton Combed

Jika menentukan mana yang lebih bagus pada satu kain, anda perlu melihat keunggulan yang dimiliki kain tersebut apa saja, tapi karena disini kain yang sedang dibicarakan adalah kain Combed maka dari segi kualitas kain sudah tidak perlu anda ragukan lagi.

Jadi mari kita simak berdasarkan permintaan pasar di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang mempunyai iklim tropis dan suhu udaranya normal tanpa pergantian suhu yang terlalu ekstrim, dengan cuaca yang seperti ini banyak orang menyukai kaos yang tidak terlalu tebal agar lebih nyaman saat digunakan bahkan sekarang penggunaan kaos dengan bahan yang lebih tipis mulai menjamur yang dikatakan lebih adem dan lebih menyerap keringat.

Jika Anda menggunakan kain Combed 30s akan lebih terasa nyaman dan adem karena karakteristik kain dengan ketebalan 30s memang lebih tipis dibandingan 20s yang sangat tebal dan cenderung panas dan lebih berat saat digunakan atau 24s yang berada di tengah-tengah, tidak terlalu tebal atau terlalu tipis.

Combed 30s juga merupakan kain yang biasa digunakan sebagai bahan untuk kaos distro atau kaos brand clothing. Jadi bisa saya simpulkan saat ini terutama di Indonesia, kain dengan Combed 30s adalah bahan kaos yang paling diminati oleh kebanyakan orang.

Godspeed Production menerima produksi :
◾ Kaos Brand
◾ Kaos Kelas
◾ Kaos Komunitas
◾ Kaos Event
◾ Kaos Family Gathering, dll.
Minimal order 24pcs.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
ORDER / DETAIL INFO :
Whatsapp : 087734242492
Instagram : @godspeed_yk
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
HEAD OFFICE :
Jl. Menukan Yogyakarta
Salakan RT 02/49, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

WORKSHOP :
Jl. Srandakan Bantul
Korowelang RT 04, Caturharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta.

Mas Subhan Mas Subhan adalah pemilik perusahaan Godspeed Production. Mas Subhan juga seorang konten kreator dan desainer grafis. Dan aktif dalam beberapa Kegiatan Sosial dan Gerakan Pramuka di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *