Mas Subhan Mas Subhan adalah pemilik perusahaan Godspeed Production. Mas Subhan juga seorang konten kreator dan desainer grafis. Dan aktif dalam beberapa Kegiatan Sosial dan Gerakan Pramuka di Indonesia.

Kemeja Pdl : Pengertian, hingga Perbedaan Kemeja Pdl dan Pdh

2 min read

kemeja-pdl

Kemeja Pdl kini menjadi favorit masyarakat Indonesia, tingginya permintaan kemeja pdl biasanya diproduksi untuk keperluan seragam kantor, seragam untuk komunitas, kemeja pdl untuk organisasi, dll. 

Tapi sudah tahukah Anda, Apa itu Kemeja Pdl? Terus Apa Bedanya dengan Kemeja Pdh? mari kita pelajari bersama dalam artikel ini.

Kemeja PDL berasal dari  kata “Kemeja” dan singkatan “PDL”. Menurut wikipedia : “Kemeja dari bahasa Portugis: camisa, adalah sebuah baju atau pakaian atas, terutama untuk pria. Pakaian ini menutupi tangan, bahu, dada sampai ke perut”.

Sedangkan PDL merupakan singkatan dari Pakaian Dinas Lapangan. Sehingga Kemeja PDL bisa diartikan pakaian kemeja yang biasa digunakan di lapangan atau di luar ruangan.

Berikut contoh Desain Kemeja :

kemeja pdl

Ketika Anda ingin produksi kemeja, baik untuk seragam kantor atau untuk organisasi himpunan mahasiswa dan yang lainnya, hal pertama yang Anda butuhkan adalah desain.

Untuk membuat desain kemeja Anda membutuhkan software komputer seperti Coreldraw, Photoshop atau Adobe Illustrator.

Namun jika Anda tidak bisa menggunakan software berikut, tenang saja saya menyediakan desain kemeja untuk Anda di artikel saya yang berjudul Desain Kemeja PDL Terbaru dan GRATIS.

Bahan Apa yang Cocok untuk Seragam Anda

Bahan Nagata Drill
Sumber : UD. Mitra Mulia

Ada berbagai jenis bahan yang ada dipasaran Indonesia. Dan tidak semua bahan tersebut bisa digunakan untuk produksi Kemeja PDL. 

Di Indonesia bahan yang sering digunakan merupakan bahan kemeja drill, diantaranya ; American Drill, Japan Drill hingga Hisofy Drill. Semua jenis bahan tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. 

Untuk mendapatkan Kemeja PDL yang nyaman dan adem dikenakan tentu Anda harus mengetahui bahan-bahan tersebut, agar anda mengetahui karakteristik bahas tersebut. 

Tertarik untuk mempelajari bahan kemeja drill? Silahkan baca artikel saya yang berjudul Bahan Kemeja Drill Terbaik di Indonesia.

Perbedaan Kemeja PDL dan Kemeja PDH

Pada dasarnya kedua kemeja ini sama, yang membedakan hanya soal penggunaannya saja. Jika PDL banyak digunakan di luar ruangan atau di lapangan, sedangkan PDH banyak digunakan didalam ruangan. 

Dari segi desain bagaimana? Apakah ada perbedaannya?
Tidak begitu jelas perbedaannya dalam desain, karena hingga saat ini desain banyak dibuat mengikuti selera pemesan. Anda bisa membuat desain itu bebas sesuai keinginan Anda.

Bagaimana dengan bahan yang digunakan? Berikut beberapa tips saya untuk Anda.

Ketika Anda ingin produksi Kemeja PDL, pilihlah bahan yang nyaman dan mudah kering tapi tetap menyerap keringat dengan baik. Kenapa? Karena di lapangan atau medan luar ruangan, Anda akan sering menjumpai terik matahari hingga hujan. 

Ketika Anda menggunakan bahan yang cepat kering, akan menjaga kondisi tubuh Anda karena kemeja yang Anda gunakan tetap kering meskipun dalam kondisi berkeringat, tapi jika bahan yang Anda kenakan lama kering akan mengganggu aktivitas hingga kesehatan Anda. Misalnya bisa mengakibatkan masuk angin dan tidak nyaman jika dikenakan karena basah oleh keringat.

Kemudian ketika Anda ingin membuat Kemeja PDH yang notabene sering digunakan di dalam ruangan, gunakanlah bahan yang mengandung serat cotton lebih tinggi, karena dengan bahan yang nyaman dan adem akan menjaga suhu tubuh Anda menyesuaikan suhu ruangan tersebut.

konveksi-seragam

Kesimpulan

Kini saatnya Anda menentukan Konveksi Seragam yang akan digunakan untuk produksi kemeja tersebut. 

Namun sebelum Anda memilih jasa konveksi, pastikan Anda memilih yang aman, nyaman dan paling penting harus amanah. Kenapa harus seperti itu?

Yang dikhawatirkan, semakin mudahnya mencari informasi tentang jasa konveksi secara online, akan berakibat buruk bagi Anda. Misalnya, bukannya mendapatkan kualitas produksi yang baik, malah hasil produksinya mengecewakan, iya kalau garansi Anda bisa diberikan garansi oleh konveksi tersebut, kalau tidak ada garansi? rugi kan.

Lebih parahnya lagi jika ternyata jasa konveksi tersebut fiktif, bukannya kemeja pesanan Anda jadi, malah uang DP dibawa lari.

Oleh karena itu, berhati-hatilah dan tetap menjadi orang yang cerdas dalam menyaring informasi. Jika Anda tertarik untuk mempelajari cara memilih jasa konveksi, berikut saya sediakan artikel tentang TIPS Memilih Konveksi Baju Amanah dan Terbaik di Indonesia.

Mas Subhan Mas Subhan adalah pemilik perusahaan Godspeed Production. Mas Subhan juga seorang konten kreator dan desainer grafis. Dan aktif dalam beberapa Kegiatan Sosial dan Gerakan Pramuka di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *